Pajak Investasi Emas 2017

Tidak berbeda dengan aneka jenis investasi lainnya, investasi emas 2017 juga pastinya akan dikenai pajak. Terdapat ketentuan tersendiri terkait pajak yang dibebankan pada investor emas. Pajak yang dikenakan untuk emas hanya pada saat transaksi berlangsung. Artinya, pajak ini baru akan dikenakan saat terjadi transaksi jual beli. Hal ini berbeda dengan investasi properti ataupun tanah yang akan dikenakan pajak rutin, seperti Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. Beban pajak itu juga hanya akan dikenakan sekali saat pembelian. Sementara saatu menjual emas, pajak akan dibebankan pada pembeli. Tujuan dari melakukan investasi logam mulia seperti emas ialah untuk jangka menengah ataupun jangka panjang.

 

Karena termasuk dalam investasi jangka panjang, maka dengan melakukan investasi emas maka kita bisa berharap bahwa kebijakan ini akan berubah terutama saat terjadi pergantian kabinet. Menghitung pajak untuk investasi emas 2017 juga penting untuk kita ketahui. Ilustrasi pajak emas adalah sebagai berikut. Kita membeli emas dengan nilai satu kilogramnya saat ini setara Rp600.000.000. Menurut catatan yang dibuat, transaksi saat membeli emas dulu setara Rp400.000.000. Maka, perhitungan ilustrasi pajak ialah 0.45 persen dikalikan Rp600.000.000 pada pembeli. Pajak akan ditanggung pembeli saat emas tersebut dijual. Selisih keuntungan sebesar Rp200.000.000 akan dimasukkan dalam laporan SPT tahunan investor serta dikenakan PPh.

 

Perhitungan pajak penghasilan nantinya akan dimasukkan dalam Penghasilan Netto. Pajak yang dikenakan nantinya ialah Pajak Penghasilan bersifat non final serta progresif. Ilustrasi di atas juga turut memberi gambaran bagaimana dalam menjalankan investasi ini sera seberapa besar potensi keuntungan yang didapat dari investasi emas 2017 apabila dibandingkan investasi lain. Yang jeas, keuntungan utama dari berinvestasi emas ialah harga emas yang akan cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sehingga kita akan tetap untung. Investasi logam mulia ini terutama memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan karena aneka kelebihan yang dimilikinya. Kita juga bisa turut ikut dalam investasi ini untuk mendapat keuntungan dalam jangka panjang terutama untuk kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.